Daftar Pengalaman
1. Assessment dan Konsultasi Human Capital
Klien
PT. Sinergi Investasi Properti
Tantangan
- Kebutuhan klien dalam memetakan SWOT leader di organisasi.
- Kebutuhan peningkatan kapabilitas leader di organisasi berdasarkan hasil pemetaan.
Solusi
- Full People Profilling & Assessment kepada leader untuk mengeksplorasi kepribadian inti, prferensi kerja, dan kekuatan yang dimiliki para leader.
- Perencanaan dan Pelaksanaan program pelatihan dan pendampingan Hard Skill dan Soft Skill bagi para leader.

2. Pembuatan Website dan Pelaksanaan Bootcamp EMC 2023
Klien
Kementerian Agama RI - Ditjen Bimas Hindu
Tantangan
Kebutuhan program pembekalan kepada mahasiswa tentang prinsip dasar Bagaimana cara membangun sebuah usaha dengan Tujuan untuk meningkatkan semangat entrepreneurship di kalangan mahasiswa.
Solusi
- Perancangan program kewirausahaan.
- Pembuatan website https://entrepreneurshipmahasiswa.id/ dan aktifitas promosi.
- Pembuatan sistem IT yang mencakup proses registrasi, administrasi, dan penjurian.
- Pelaksanaan boothcamp online dan offline.

3. Konsultasi "Service Excellence" Services
Klien
PT. Sejahtera Eka Graha
Tantangan
Kebutuhan pelatihan untuk meningkatkan pelayanan karyawan kepada pelanggan.
Solusi
Perencanaan dan Pelaksanaan program training “Service Excellence”

1. Instalasi Sistem Jaringan Infrastruktur IT
Klien
PT. Bayu Surya Bakti Konstruksi
Tantangan
- Klien mengeluhkan jaringan internet yang relatif lambat, dan menghendaki peningkatan performa internet dan jaringan LAN.
- Peralatan IT (laptop, desktop, printer) tidak dapat terhubung di jaringan LAN.
Solusi
- Penggantian Router, Access Point, Switch, dan kabel LAN dengan teknologi terbaru.
- Setup akses jaringan internet dan LAN untuk mendapatkan performa maksimal.
- Penambahan UPS untuk menjamin jaringan internet dapat digunakan tanpa terganggu akibat ketiadaan jaringan Listrik PLN.

2. Instalasi Sistem Pengaman CCTV
Klien
Perum Cikaret Town House
Tantangan
Kebutuhan sistem CCTV sebagai alat pengaman pasif bagi penghuni perumahan, dan juga untuk memberikan efek detterent.
Solusi
Perancangan sistem, layout, dan Instalasi sistem pengamanan CCTV di area perumahan.
3. Instalasi Sistem Jaringan Infrastruktur IT
Klien
PT. Sun Pacific
Tantangan
- Kebutuhan sistem jaringan internet dengan menggabungkan kecepatan dari dua internet service provider (ISP) yang berbeda.
- Transmisi internet dari antar router terhalang beberapa rumah dan harus dilakukan tanpa menggunakan kabel LAN
Solusi
- Perancangan sistem mikrotik jaringan dua ISP.
- Instalasi radio wifi transmitter, switch, router, dan kabel LAN.

4. Instalasi Sistem Pengaman CCTV
Klien
PT. Sun Pacific
Tantangan
Kebutuhan sistem CCTV sebagai alat pengaman pasif bagi penghuni perumahan, dan juga untuk memberikan efek detterent.
Solusi
Perancangan sistem, layout, dan Instalasi sistem pengamanan CCTV di perusahaan.
Aplikasi Sistem Koperasi
Klien
Kopkar RS. Dewi Sartika
Tantangan
Kebutuhan sistem teknologi informasi yang mampu mengakomodir kegiatan operasional koperasi karyawan, baik pengurus maupun anggota.
Solusi
- Pemetaan proses bisnis koperasi
- Pembuatan desain sistem.
- Pembuatan sistem ERP Koperasi dan Point of Sales.

1. Website Company Profile
Klien
Bentani Hotel
Tantangan
Kebutuhan pembaharuan website yang merepresentasikan value dan kultur Perusahaan.
Solusi
- Proses ideation dengan mempertimbangkan latar belakang, sejarah, kultur, value, dan serta proses bisnis Perusahaan.
- Pembuatan desain website.
- Pembuatan website company profile

2. Forum Komunitas Ruangengineer.id
Klien
Komunitas Ruang Engineer
Tantangan
Kebutuhan sistem untuk memberikan edukasi terkait produk secara massif kepada para engineer. Dimana para engineer dapat saling sharing permasalahan yang dihadapi, Solusi, dan informasi.
Solusi
Pembuatan forum komunitas Ruangengineer.id
Sistem Monitoring Perawatan Peralatan
Klien
PT. Global Mandira Semesta
Tantangan
Kebutuhan sistem yang dapat melakukan:
- Pencatatan data parameter perawatan
- Mencatat transaksi inventory
- Memberikan informasi kondisi ketidaksesuaian
- Menampilkan analisa statistic.
Solusi
Sistem TechnoCARE, sistem tersebut dapat:
- Mencatat dan menampilkan presensi tim
- Mendefinisikan peralatan dan parameter inspeksi
- Memudahkan oprator melalui fitur QR Code
- Mencatat ketidaksesuaian di peralatan
- Mencatat Permintaan, persetujuan, dan Pengeluaran barang dari Gudang.
- Sistem BIFBI, Dimana sistem ini dapat mengolah data dan menampilkan informasi predictive maintenance.

Sistem Monitoring Cleaning Service
Klien
PT. Kuwera Jaya Nusantara
Tantangan
- Kendala dalam mengendalikan operasional cleaning service.
- Sistem Pelaporan aktifitas kerja masih menggunakan WhatsAp
- Pembuatan Laporan Bulanan kepada klien relatif tidak efisien.
- Kendala dalam rekapitulasi permintaan klien di luar lingkup kontrak.
Solusi
Pembuatan sistem Kuwera Integrated System (KIS), yang meliputi sistem presensi, QR Code, pelaksanaan operasional, pelaporan real time, dan menghubungkan antara klien dengan pemberi kerja melalui sistem Customer Kuwera Integrated System (KIS), Dimana pemberi kerja dapat melihat laporan kinerja secara real-time, memberikan keluhan, masukan, appraisal, maupun mengajukan permintaan pekerjaan di luar lingkup kontrak.
Human Resources Integrated System
Klien
PT. Fajar Benua Indopack
Tantangan
Kebutuhan sistem yang dapat menyimpan data karyawan, career path, presensi, cuti karyawan, dan pelaporan yang mudah.
Solusi
Sistem TechnoTALENT, Dimana :
- Proses Check In dan Check Out dengan Mudah dan cepat
- Dilengkapi dengan fitur geofencing
- Kemudahan bagi para leader untuk memonitor Kehadiran karyawan.
- Pengelolaan cuti dan ijin.
- Kalendar kerja
- Fitur E-Learning
Sistem Point Of Sales Restaurant
Klien
Sumigatari Cafe
Tantangan
- Kebutuhan klien dalam penerapan sistem teknologi informasi dalam pengelolaan restoran.
- Sistem yang dapat meningkatkan kinerja operasional antar bagian dan meningkatkan pelayanan pelanggan.
Solusi
Pembuatan sistem Restaurant Management System yang meliputi Sistem Presensi Karyawan, Point of Sales, Manajemen Gudang, Manajemen Dapur, dan Pelaporan Akuntansi
Modul Sales
Klien
Fajar Benua Indopack
Tantangan
- Kebutuhan klien untuk memonitor pencapaian target penjualan dari 10 cabang diseliuruh Indonesia maupun divisi penjualan
- kebutuhan klien dalam memangkas waktu pelaporan
- Kebutuhan klien untuk mengetahui performa sales secara realtime
Solusi
Implementasi BIFBI (Business Intelligence for Business Improvement) modul Sales yang menampilkan seluruh performa tim Sales FBI baik secara personal, Cabang, Divisi dan Direktorat. Dashboard dibuat secara komprehensif sekaligus detail hingga per individu sales person. meliputi sejak data opportunity, inquiry, penjualan, produk laku, segmen industry, hingga berapa nilai insentif yang akan diterima oleh sales. Termasuk adalah SLA dari Sales dalam menjalankan PO hingga delivery order. Sumber data berasal dari CRM dan ERP. Trend juga diperlihatkan sehingga performa dapat dimonitor dan dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya.

Modul Finance & Accounting
Klien
Divisi Finance & Accounting Fajar Benua Indopack
Tantangan
- Pemantauan Keuangan: Mendapatkan wawasan keuangan secara real-time, termasuk pelaporan dan rasio keuangan.
- Outstanding Receivables: Memantau outstanding Account Receivable dengan lebih efektif.
- Overdue Invoice dan Bad Debt: Mengelola invoice yang overdue dan bad debt dengan lebih baik.
- Efisiensi Pelaporan: Meningkatkan efisiensi waktu dalam pembuatan laporan keuangan
Solusi
Dengan mengimplementasikan BIFBI modul Finance Accounting, kami berhasil memenuhi kebutuhan klien:
- Dashboard Keuangan Lengkap: Menyajikan Income statement, rasio keuangan, dan Cash Conversion Cycle secara otomatis dan real-time.
- Trend Benchmarking : Menyajikan Trend invoice dan rasio-rasio keungan dalam setahun maupun lintas tahun
- Monitoring Akurat: Fitur untuk tracking overdue invoice dan bad debt, serta alarm untuk order yang siap di-invoice.
- Automasi Laporan: Dashboard dikirimkan otomatis melalui email, memungkinkan pemantauan keuangan yang efisien dan mudah.
Hasilnya, klien kini menikmati efisiensi waktu dalam pelaporan dan kemudahan mendapatkan berbagai parameter keuangan secara instan.

Modul Improvement
Klien
Divisi Organization Performance Improvement, Fajar Benua Group
Tantangan
- Program Continues Improvement memegang peranan penting dalam menghadapi krisis pandemi. Efesiensi dalam segala sektor akan menjadi cost reduction yang diperlukan untuk mengantisipasi penurunan revenue.
- Fajar Benua perlu memonitor progres program improvement yang dilakukan karyawan dari seluruh cabang dan divisi secara realtime
- Kebutuhan memangkas waktu rekapitulasi manual progres semua divisi dan cabang
- Kebutuhan menyajikan laporan secara grafis yang mudah dibagikan dan ditampilkan di monitor workshop
Solusi
Implementasi Modul Quickwins memungkinkan Fajar Benua Group untuk memaksimalkan performa organisasi:
- Aplikasi Terintegrasi: Memudahkan karyawan untuk melaporkan improvement yang telah dilakukan dan penilaian dari atasan.
- Dashboard Interaktif: Menampilkan pencapaian improvement per divisi, cost reduction, dan daftar karyawan yang belum mengirim improvement mereka.
- Pelaporan Visual: Laporan grafis yang mudah di-share ke seluruh organisasi dan ditampilkan di layar monitor workshop.
Dengan modul BIFBI Improvement ini, tim OPI berhasil mengatasi tantangan yang ada dalam mengoptimalkan pelaksanaan dan pelaporan program improvement, meningkatkan partisipasi karyawan serta meningkatkan cost reduction Fajar Benua Group.

Modul Material Requirement Planning
Klien
Jeil Fajar Indonesia
Tantangan
- Kebutuhan Jeil Fajar untuk mengantisipasi persediaan stok agar dapat memenuhi target delivery time dengan lebih baik
- Mengantisipasi kebutuhan stok berdasarkan inquiry yang masuk
- Mencari kebutuhan stok tidak hanya berdasarkan historical demand
Solusi
Untuk menyelesaikan tantangan ini, kami membangun BIFBI modul MRP (material requirement planning) yang terintegrasi dan canggih
- Integrasi Data: Menggabungkan data dari CRM, Sales, Inventory, dan Production untuk analisis yang lebih mendalam.
- Estimasi Cerdas: Memperkirakan kebutuhan stok dengan data live inquiry dan probabilitas statistik.
Hasilnya, Jeil Fajar Indonesia dapat mengoptimalkan pengelolaan stok dan meningkatkan akurasi perencanaan persediaan

Modul Sales Analytic
Klien
Fajar Benua Indopack
Tantangan
- Penurunan Penjualan: Mengatasi penurunan penjualan dan perubahan perilaku pelanggan pasca pandemi.
- Wawasan Data: Memerlukan wawasan mendalam untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.
- Analisis Harga dan Delivery Time: Menganalisis harga jual dan ketepatan delivery time.
Solusi
Untuk menyelesaikan tantangan ini kami membangun modul dashboard analytic yang mengintegrasikan data dari CRM , Sales, SCM dan Production.
Beberapa dashboard yang dibangun seperti :
- Active Customer Monitor
- Winrate Monitor
- Quotation Monitor
- Delivery Time Monitor
Berbagai visualisasi data dan korelasi ditampilkan didukung dengan trend data historical lintas tahun, dan dengan fitur drill down data yang mempermudah analisi detail.
Implementasi ini memungkinkan Fajar Benua Indopack untuk menganalisis performa penjualan secara mendalam dan mengoptimalkan strategi bisnis untuk hasil yang lebih baik.
